LCGC Bakal Topang Penjualan Mobil Capai 1,28 Juta

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Mobil-mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) diprediksi masih akan menjadi bintang dalam penopang penjualan mobil secara nasional tahun ini.

“Mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) akan menopang pertumbuhan pasar mobil tahun ini,” kata Wakil Presiden Divisi Otomotif dan Transportasi Forst & Sullivan Asia Pasifik, Vivek Vaidya, di Jakarta, Rabu (28/1).

Lembaga riset dan konsultan global ini memperkirakan penjualan mobil di Indonesia hingga akhir tahun akan tumbuh 5% menjadi 1,28 juta unit pada 2015, dibanding 2014 sebanyak 1,2 juta unit.

Vivek menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini cenderung stabil sebesar 5,5%. Hal ini positif terhadap pergerakan pasar otomotif.

“Sama seperti tahun lalu, pasar mobil tahun ini akan ditentukan oleh LCGC. Tahun lalu, LCGC membukukan kinerja penjualan impresif, sehingga mampu mencegah pasar turun tajam,” paparnya.

Ia menilai ketidakpastian ekonomi global diperkirakan masih terjadi. Hal ini membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah, dampaknya biaya impor komponen lebih mahal, sehingga harga jual kendaraan naik.

“Kenaikan harga LCGC diperkirakan tidak sebesar segmen lain, karena banyak menggunakan komponen lokal. Ini membuat LCGC relatif lebih kebal terhadap depresiasi rupiah. Sesuai arahan pemerintah, kandungan lokal LCGC harus mencapai 85%,” ujarnya. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here