BMW i8 Resmi Mengaspal di India 18 Februari

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Tak lama lagi publik India akan dapat menikmati atau setidaknya menyaksikan supercar hybrid canggih lansiran BMW, yakni i8, mendarat di Negeri Barata.

BMW dalam waktu 20 hari ke depan, atau tepatnya 18 Februari 2015, akan secara resmi meluncurkan mobil sport mewah plug-in hybrid i8 dalam sebuah acara yang digelar di Mumbai.

Kehadiran i8 di India dinilai banyak pihak agak aneh. Pasalnya, Negeri Hindustan itu memang ‘kurang ramah’ terhadap mobil berteknologi hybrid.Masyarakat India lebih menyukai mobil bermesin diesel sebagai alternatif untuk mendapatkan tingkat efisiensi tinggi.

Dengan demikian, supercar i8 di India akan menjadi mobil berteknologi hybrid pertama yang meluncur di jalan raya negeri itu, demikian seperti dilansir Economic Times.

Meski tampil dengan kesan bongsor, namun mesin yang digendong i8 sangat kompak, yakni 1.5-liter 3 silinder twin-turbocharged, yang dipadukan dengan motor listrik. Gabungan dua dapur pacu itu menghasilkan tenaga total 362 PS dan torsi 570 Nm. Untuk mesin bensin menghela daya 131 HP dan torsi 250 Nm, yang disalurkan via transmisi matik enam percepatan ke roda belakang. Sedangkan tenaga dari motor listrik didistribusikan ke roda depan.

Berkat seabrek teknologi terkini dan bobot ringan, BMW i8 mampu melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,4 detik dan kecepatan puncaknya dibatasi secara elektronik di angka 250 km/jam.

Dan keunggulan utama dari i8 adalah tingkat efisiensi bahan bakarnya, yang mampu menempuh jarak 48 km hanya dengan seliter bensin dan jarak tempuh maksimal adalah 500 km dengan pengisian penuh baterai. Tapi bila memacu mobil ini dengan agresif, efisiensi BBM turun menjadi 20 km per liter. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here