Ahok Izinkan Mobil Masuk Jalur Busway?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Guburnur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau yang biasa di panggil Ahok, punya wacana baru, yakni mengizinkan mobil untuk melintasi jalur busway.

Wacana tersebut diungkapkan Ahok seiring banyaknya kendaraan yang ada di Jakarta. “Busway itu kan setiap 3-5 menit melintas, jadi masih ada jedanya, ya kenapa nggak kita kasih lewat aja mobil?” ujar Ahok kepada wartawan di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (30/1).

Ahok menjelaskan, rasio jalan dan kendaraan di Jakarta sudah tidak mencukupi. Untuk itu pihaknya punya gagasan mengizinkan mobil masuk jalur busway.

Namun Ahok menegaskan bila nantinya jalur busway juga akan diterapkan sistem ERP  (Electronic Road Pricing). “Jadi nantinya seperti ERP, mobil yang lewat akan kita kenakan dana,” jelas Ahok.

“Mobil yang masuk itu akan dikontrol. Yang masuk kedalam jalur busway ya dikenakan seperti ERP. Duitnya nanti untuk apa? Untuk Transjakarta dalam mengelola bus tingkat gratis. Jadi semua bisa merasakan manfaatnya kan, bukan hanya orang kaya,” ujar Ahok. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here