Performa Mazda CX-5 Ungguli Honda HR-V

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Soal performa, di atas kertas Mazda CX-5 dengan mesin 2.0 liter pasti mengungguli Honda HR-V Prestige 1.8 liter. Tapi apa salahnya untuk disimak seberapa besar ‘gap’-nya.

Di sektor dapur pacu, Honda HR-V Prestige dibekali dengan mesin 1.800 cc bertenaga 139 PS dan torsi 169 Nm, yang sama dengan Honda Civic, lengkap dengan transmisi CVT dan paddle shifter. Bedanya, Honda Civic memiliki tenaga dan torsi lebih besar, mencapai 141 Ps dan torsi 174 Nm.

Berbicara soal fitur keselamatan, crossover Honda ini memiliki fitur standar lengkap, yakni Dual SRSairbag, pretensioner + Load Limiter Seatbelt, Auto Brake Hold, electric parking brake, emergency stop signal, ABS, EBD, BA, hill start assist dan vehicle stability assist.

Beralih ke Mazda CX-5. Keunggulan SUV medium asal Jepang ini terletak pada teknologi SKYACTIV yang dibawanya. Mazda CX-5 diklaim mampu mencetak angka konsumsi bahan bakar yang efisien tanpa harus mengorbankan performa. Karena itu, Mazda CX-5 dikategorikan sebagai Super Ultra-Low Emission Vehicles (SU-LEV) dengan emisi buang 75 persen atau lebih rendah dari yang diatur oleh pemerintah Jepang pada 2010 silam.

Untuk dapur pacunya, Mazda CX-5 ditopang oleh mesin 4 silinder 2.000 cc DOHC with Dual Sequential Valve Timing (S-VT) and Electronic Throttle Control (ETC), yang mampu memuntahkan tenaga hingga 155 ps/6.000 rpm dan torsi 200 Nm/4.000 rpm.

Sebagai penunjang keamanan berkendara, Mazda CX-5 hampir sama dengan Honda HR-V, karena sudah dibekali fitur-fitur canggih dan modern, sebut saja 6 airbag, EBA, DSC, TSC, Emergency Stop Signal (ESS), Hill Launch Assist (HLA), power door lock dan immobilizer serta burglar alarm.  Kesimpulan dari pertarungan antara Honda HR-V Prestige dan Mazda CX-5 adalah dari segi eksterior dan interior keduanya bisa dibilang berimbang.

Namun bila berbicara performa, Honda HR-V Prestige yang notabene bermesin lebih kecil, harus bertekuk lutut kepada Mazda CX-5. Tinggal faktor terakhir adalah harga dan nilai jual kembali. Mungkin dalam hal ini Honda HR-V sedikit berada di depan dibandingkan Mazda CX-5. [yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here