Skoda Cetak Total Produksi 17 Juta Kendaraan

RAJAMOBIL.COM, Pilsen – Meski menjadi ‘anak bawang’ di jajaran merek di bawah payungVolkswagen Group, tapi brand Skoda belakangan makin menunjukkan geliatnya.

Pabrikan mobil asal Republik Ceko ini terus menunjukkan perkembangan menakjubkan melalui peluncuran sejumlah model anyar. Tahun lalu, Skoda mencetak rekor penjualan satu juta unit, atau tumbuh enam kali lipat sejak 1991. Tapi tahukah Anda, sudah berapa banyak mobil yang diproduksi Skoda sejauh ini?

Pernyataan tertulis terbaru Skoda, seperti dilansir volkswagenag.com, menyebutkan sudah tercapai angka produksi sebanyak 17.000.000 kendaraan, yang kebanyakan diproduksi di Republik Ceko. Mungkin angka itu terdengar fantastis. Namun jika dibandingkan dengan induknya, yakni VW, sudah memproduksi Golf lebih dari 30 juta unit pada 2013, atau hampir dua kali lipat dari pencapaian Skoda.

Tapi tak adil jika membandingkan Skoda dengan VW, karena memang dari segala hal merek Eropa Timur kalah. Hanya saja Skoda memiliki potensi besar untuk menjadi merek otomotif terkemuka dunia. Skoda memiliki target besar, yaitu menjual sekitar 1,5 juta unit kendaraan per tahun hingga 2020.  Target itu diharapkan tercapai dengan kehadiran beberapa model baru, seperti Fabia dan sejumlah model crossover 4×4 yang menyasar segmen B hingga D.

Menurut CEO Skoda, Prof. Dr. h.c. Winfried Vahland, angka produksi sebanyak 17 juta itu dilakukan sejak 1905. Ia juga menyebutkan bahwa sejak bergabung dengan VW Group pada 1991, Skoda telah memproduksi lebih dari 12 juta kendaraan.

Mobil Skoda pertama dibuat pada 1905 oleh pendiri perusahaan, Laurin dan Klement. Dan pasar terbesar Skoda saat ini adalah China, dengan menyumbang 27% dari total penjualan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here