Penerapan Tilang Elektronik Masih Temui Kesulitan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia tengah menguji coba sistem tilang elektronik. Sistem tersebut sudah diuji coba di beberapa lokasi di Jakarta.

Namun pihak kepolisian mengakui terdapat beberapa kesulitan melakukan sistem tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Hindarsono kepadaRajamobil.com.

“Itu sudah diuji coba. Namun demikian kaitan tilang elektronik itu tidak mudah untuk dilakukan. Masalah identitas jadi salah satu masalah,” jelas Hindarsono.

“Jadi identitas dari pengendara itu harus jelas. Karena itu kaitannya dengan pelanggaran. Itu dikaitkan dengan Electronic Registration Identification (ERI) nantinya. Diharapkan satu kendaraan bermotor itu satu identitas,” ujar Hindarsono.

ERI merupakan satu teknologi yang berfungsi menyimpan database kendaraan dan pemiliknya. Jadi setiap pelanggaran yang dilakukan akan langsung diketahui siapa pemiliknya.

“Nah, takutnya nanti dalam penerapannya ada nomor kendaraan palsu, identitas palsu. Jadi kalau masalah identitas semua sudah benar, jadi bisa berbicara masalah ERI,” ungkap Hindarsono.

Saat ini sistem tilang tersebut telah diuji coba di beberapa lokasi. Seperti pantauan Rajamobil.com, salah satu lokasi yang menjadi uji coba sistem tersebut berada di simpang Pancoran, Jakarta Selatan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here