Tilang Elektronik Belum Diterapkan, Baru Uji Coba

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Polda Metro Jaya saat ini tengah menguji coba sistem tilang elektronik. Sistem tersebut diuji coba di beberapa lokasi.

Namun Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Hindarsono kepada Rajamobil.com memastikan bila sistem tersebut belum diterapkan.

“Belum diterapkan, namun diharapkan secepatnya. Karena kita saat ini tengah mengembangkan lima ketertiban yang diusulkan dari Gubernur DKI Jakarta,” jelas Hindarsono.

Hindarsono mengakui bila ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menerapkan sistem tersebut. Salah satunya adalah masalah kejelasan dari identitas pengendara yang melakukan pelanggaran tersebut.

“Jadi identitas dari pengendara itu harus jelas. Karena itu kaitannya dengan pelanggaran. Itu dikaitkan dengan Electronic Registration Identification (ERI) nantinya. Diharapkan satu kendaraan bermotor itu satu identitas,” ujar Hindarsono.

ERI merupakan satu teknologi yang berfungsi menyimpan database kendaraan dan pemiliknya. Jadi tiap pelanggaran akan langsung diketahui siapa pemiliknya.

Saat ini sistem tilang tersebut telah diuji coba di beberapa lokasi. Seperti pantauan Rajamobil.com, salah satu lokasi yang menjadi uji coba sistem tersebut berada di simpang Pancoran, Jakarta Selatan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here