Toyota-Nissan-Honda Akhirnya Bergandengan Tangan

RAJAMOBIL.COM,¬†Tokyo – Meski berasal dari satu negara, tapi persaingan sengit selalu terjadi di antara tiga raksasa otomotif Jepang, yaitu Toyota,Nissan dan Honda. Namun untuk program yang satu ini, ketiganya rela ‘gencatan senjata’.

Memiliki visi yang sama mengenai transportasi masa depan yang ramah lingkungan, ‘Trio Samurai’ itu sepakat mendukung percepatan pengembangan kendaraan berbahan bakar hidrogen.

Proyek bersama yang disepakati ketiga pabrikan mobil Jepang itu adalah proses mengekstraksi hidrogen berkesinambungan dan membangun infrastruktur untuk mengalirkan hidrogen ke stasiun pengisian.

Menurut laporan Nikkei, Toyota Motor Corporation, Nissan Motor Co., Ltd., dan Honda Motor Co., Ltd., setuju membentuk gugus tugas bersama dan membangun infrastruktur stasiun pengisian hidrogen lebih cepat. Tindak lanjut dari kesepakatan itu diharapkan mulai dilaksanakan pada akhir tahun ini.

Tiga pabrikan mobil terbesar Jepang itu memperkirakan kendaraan berbahan hidrogen akan populer di Jepang karena tidak menghasilkan emisi karbon layaknya mobil listrik dan pengisian bahan bakar yang cepat layaknya mobil berbahan bakar minyak.

Toyota Mirai, sebagai contoh, pengisian hidrogen hanya butuh waktu sekitar tiga menit layaknya mengisi bensin atau solar. Dengan tangki terisi penuh, Mirai dapat melaju hingga jarak 483 km. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?