Melongok Rivalitas Mitsubishi Delica-Mazda Biante

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Segmen MPV premium yang awalnya diisi Toyota Nav1, Nissan Serena, Honda Odyssey, Hyundai H-1 dan Mazda Biante, kini kedatangan Mitsubishi Delica.

Diperkenalkan untuk pasar otomotif Tanah Air pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, Mitsubishi Delica memiliki tampilan tangguh, berbeda dari medium MPV milik kompetitor yang sepenuhnya menghadirkan cita rasa kemewahan. Menarik melihat pertarungan dua jagoan dari segmen medium MPV, yakni Mitsubishi Delica dan Mazda Biante SkyActiv. Simak ulasannya berikut ini.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kesan pertama yang muncul dari Mitsubishi Delica adalah bentuknya yang sangat kotak. Berbeda dengan mobil pesaingnya yang lebih manis dengan lekuk-lekuk halus bodinya, Delica tampil ‘kaku’, namun tetap tersirat bahwa medium MPV Mitsubishi ini lebih tangguh dari kompetitornya. Cita rasa tangguh itu semakin dipertegas lewat gril depan Mitsubishi Delica yang juga dilapisi krom.

Selain itu ada juga tambahan aksen silver pada bagian bawah bumper depan yang menambah kesan ‘macho’ Mitsubishi Delica. Untuk sektor pencahayaan, Mitsubishi Delica dilengkapi lampu utama projector besar yang sudah mengadopsi fitur HID dan auto leveling, yang mampu mengatur ketinggian sorot lampu secara otomatis.

Melirik ke bagian tengah, Mitsubishi sudah mengusung sistem pintu elektrik di kedua pintunya. Saat pintu akan tertutup, namun terdapat halangan, pintu mobil pun akan berhenti otomatis dan kembali terbuka. Fitur ini membuat penumpang lebih aman dari risiko terjepit, apalagi saat Anda membawa serta sang buah hati.

Kembali membahas ketangguhannya, Mitsubishi berani mengklaim Delica mampu melintasi hambatan yang memiliki derajat ketinggian hingga 21,5 derajat. Ini yang jadi nilai plus Mitsubishi Delica dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya.

Pindah ke bagian buritan, Mitsubishi juga masih tampil mengotak, lampu belakangnya berbentuk persegi dengan lampu kombinasi yang melintang dan tersambung dari kiri ke kanan. Ada juga tombol elektrik untuk membuka bagasinya.

Beralih ke Mazda Biante SkyActiv. Berbeda dari Delica, Mazda Biante tampil begitu mewah dari sisi eksterior. Masih hadir dengan desain “Kodo-Soul of Motion”, konsep sayap khas Mazda plus chrome grille anyar masih menjadi pendongkrak utama tampilan mewah upper-MPV Mazda ini.

Sama seperti Delica, Mazda Biante SkyActiv masih menyajikan kemudahan untuk akses penumpang di tengah lewat konsep sliding door otomatis via sebuah tombol. Di sini akan terpetakan dua karakter konsumen, yaitu mereka yang mendambakan aspek elegan dari sebuah kendaraan. Untuk konsumen jenis ini tentu akan cenderung memilih Mazda Biante. Sementara konsumen yang menyukai kendaraan berkarakter tangguh, peluang terbesar akan melirik Delica. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here