Ketika Popularitas Prius Meredup di California

RAJAMOBIL.COM, New York – Meski popularitasToyota Prius menyamai supercar eksotis di California, tapi Honda boleh mengklaim bahwaAccord sepantasnya lebih populer.

Klaim Honda itu tak berlebihan, terutama jika mengacu pada angka penjualan selama tahun lalu, dengan penjualan Accord unggul tipis dari Prius. Menurut data yang dilansir Los Angeles Times, Honda Accord menggusur Toyota Prius sebagai mobil terlaris di California. Data IHS Automotive menunjukkan Honda Accord terjual sebanyak 71.578 unit di California pada 2014, sedangkan Toyota melego sebanyak 71.210 unit Prius.

Keberhasilan Accord melibas Prius sebenarnya dinilai banyak kalangan sudah selayaknya terjadi. Pasalnya, Accord adalah model anyar, merupakan versi facelift dari model 2013, sehingga terdongkrak penjualannya sebesar 17%.

Bandingkan dengan Prius, yang bakal digantikan dengan generasi baru pada akhir tahun ini, membuat banyak calon pembeli rela menunggu hingga akhir tahun ini untuk mendapatkan model terbaru ketimbang membeli model yang beredar sekarang. Itu terlihat dari angka penjualannya yang hanya naik 2% dibandingkan pada 2013.

Sejumlah analis mengatakan, bila Prius generasi baru hadir di pasar, diyakini angka penjualan model irit bahan bakar tersebut akan kembali digandrungi masyarakat California. Kondisi serupa dialami pikap Ford F-150 model 2014 yang merosot penjualannya karena banyak konsumen yang menantikan model terbaru.

Tapi gambaran besarnya adalah bahwa betapa sejumlah merek Jepang kini begitu populer di kalangan masyarakat California. Di bawah Prius bertengger Honda Civic, dan diikuti kemudian oleh Toyota Camry dan Corolla. Bahkan dalam daftar 10 model terlaris di California, delapan di antaranya adalah merek Jepang. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here