Ini Rahasia di Balik Nama Rolls-Royce Mysore

RAJAMOBIL.COM, London – Sebagai pabrikan mobil Inggris, agak aneh bila Rolls-Royce merilis model kendaraan edisi khusus untuk menghormati seorang raja yang menjadi musuh Inggris.

Baru saja Rolls-Royce meluncurkan edisi khusus yang berbasiskan pada Ghost Extended Wheelbase. Model edisi terbatas sekaligus edisi khusus itu bernama Mysore Collection, yang dibuat hanya tiga unit. Namun, sejak diluncurkan tak banyak penjelasan dari Rolls-Royce terkait nama dan emblem kepala harimau pada headrest dan di dekat spion luar.

Kehadiran Mysore Collection ini untuk menghormati raja di Kerajaan Mysore di wilayah India selatan yang bernama Tipu Sultan. Raja ini dikenal berani dan beberapa kali menaklukkan pasukan Inggris melalui empat kali perang Inggris-Mysore sampai akhirnya ia terbunuh pada 4 Mei 1799.

Untuk Rolls-Royce Mysore Collection, seperti dilansir Autoexpress, memiliki bodi dua warna, yaitu biru dan silver untuk atapnya, sementara interiornya didominasi warna kayu terang plus lapisan kulit warna putih pada tempat duduknya dan karpet berkelir biru.

Selain itu, sebagai penghormatan terhadap nama julukan Tipu Saltan, yakni Tiger of Mysore atau harimau dari Mysore, mobil edisi khusus ini juga ditambahkan emblem bergambar harimau padaheadrest. Dalam bahasa Arab, Mysore berarti kemakmuran dan kekayaan.

Itulah mengapa ketiga Rolls-Royce Mysore akan dijual di Abu Dhabi, sebuah negara di jazirah Arab yang dikenal memiliki banyak penduduk kaya. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here