Sergio Marchionne Kini Pemegang Saham Terbesar FCA

RAJAMOBIL.COM, Milan – Jelang spin-off merekFerrari dari Fiat Chrysler Automobiles (FCA), CEO Sergio Marchionne telah meningkatkan porsi kepemilikan di perusahaan otomotif itu menjadi hampir satu persen.

Dengan penambahan kepemilikan ini, maka Marchionne menjadi pemegang saham individual terbesar di FCA, yang notabene adalah pabrikan mobil terbesar ketujuh di dunia, yang harga sahamnya melonjak 75% sejak rencana spin-offFerrari diumumkan pada Oktober lalu, demikian seperti dilansir Reuters.

Penambahan porsi saham Marchionne di FCA otomatis meningkatkan pengaruh dia di Ferrari, yang kini ia menduduki jabatan chairman. Sebagai bagian dari program spin-off, hanya 10% saham Ferrariyang akan dilepas ke pasar, sementara sisanya akan didistribusikan kepada pemegang saham FCA yang sekarang.

Pemisahan Ferrari dengan FCA diharapkan akan memberi jalan bagi FCA untuk menjalin kemitraan dengan pabrikan mobil global lainnya. Langkah ini penting di industri otomotif saat ini yang sangat membutuhkan konsolidasi untuk menekan biaya, kata sejumlah analis.

Marchionne sekarang memiliki 14,4 juta lembar saham biasa di FCA, setelah pria asal Italia itu mendapatkan cicilan terakhir dari program hibah saham sebanyak 2,3 juta lembar saham yang telah disetujui pada 2012.

Marchionne dinilai sebagai sosok di balik sukses bangkitnya Fiat dan Chrysler, dan dia ditunjuk sebagai CEO di kedua perusahaan itu sejak Chrysler bangkit dari kepailitan pada 2009.

Fiat mengendalikan penuh Chrysler pada 2014 dan perusahaan hasil merger bernama FCA, mulai mencatatkan saham di bursa New York pada Oktober 2014. Marchionne berjanji untuk tetap memegang kendali FCA hingga 2018. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here