Interior KIA Rio Nyaman, Toyota Yaris Unggul Fitur

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Selesai mengulas eksterior KIA Rio dan All New Toyota Yaris, kita akan lanjut masuk ke kabin dua hatchback berbeda pabrikan ini.

Dari sisi interior, ciri khas mobil Eropa juga sangat kentara di dalam kabin KIA Rio, dengan desain sangat stylish dan dinamis. Namun yang sedikit disayangkan adalah tidak digunakannya bahan soft touch ataupun penambahan material kulit untuk menciptakan kesan mewah kabin kakak dari KIA Picanto tersebut.

Di dalam kabin KIA Rio tersedia cup holder serta bottle holders di tiap pintu, glovebox yang cukup besar dan pastinya interior yang lumayan lega karena pemilihan warna yang terang. Desain jok depan juga khas Eropa dengan lebar yang cukup namun tetap erat memegang tubuh. Agak sedikit keras memang bagi yang terbiasa menggunakan mobil pabrikan Jepang, namun tidak melelahkan untuk berjalan jauh, dan yang terpenting kenyamanan berada di kabin KIA Rio cukup bisa diandalkan.

Salah satu hal yang menarik dari kabin KIA Rio dibandingkan hatchback milik kompetitor adalah penggunaan tombol unik untuk pengoperasian AC, yang memberikan kemudahan untuk pengaturan suhu hingga penumpang di belakang. Untuk sarana hiburannya, audio player pada All KIA New Rio cukup mumpuni, meski belum touchscreen, namun sudah dilengkapi Head Unit 2 DIN yang mendukung CD, MP3, radio FM, Aux-in, USB, iPod, dan Bluetooth.

Head Unit cukup mudah untuk dioperasikan dan tata suara yang dihasilkan cukup memadai untuk sebuah hatchback dengan harga di bawah Rp200 juta.

Beralih ke All New Toyota Yaris. Pertama kali masuk ke kabin All New Toyota Yaris, kita langsung tertuju pada speedometer yang letaknya kembali ke depan roda kemudi, dibanding model sebelumnya yang berada di tengah. Satu hal lagi, untuk interior Yaris anyar bisa dibilang sama persis seperti All New Toyota Vios, perbedaannya ada pada warna interior yang kini full black dengan aksen piano black dan campuran warna merah pada jahitan kursi di tipe S TRD Sportivo.

Seperti halnya Vios, Toyota Yaris juga mendapatkan dasbor yang memiliki detailing dengan jahitan seperti layaknya menggunakan material kulit. Ada juga bahan kulit asli yang membalut setir All New Toyota Yaris. Sebagai tambahan, untuk All New Toyota Yaris varian TRD Sportivo sudah dilengkapi keyless entry dengan push start stop engine button, dan steering audio control. Tidak ketinggalan pada All New Toyota Yaris sudah dilengkapi pengaturan AC secara digital.

Lanjut ke fitur hiburannya, head unit yang dibawa All New Toyota Yaris kini lebih canggih dari versi lawasnya berkat LCD touchscreen yang sudah mendukung CD, MP3, radio FM, iPod, USB, DVD, fitur navigasi dan Bluetooth. Kualitas suara yang dihasilkan pun lebih baik daripada Yaris lama berkat ditunjang enam speaker.

Membahas ruang akomodasi baik untuk penumpang dan barang bawaan, tentu kita optimistis dengan All New Toyota Yaris. Ya, karena bodinya kini ‘membengkak’, untuk headroom dan legroom Toyota Yaris anyar kini otomatis lebih lega. Pun begitu dengan ruang penyimpanan barang di bagasinya yang lebih besar dari Yaris model lawas. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here