Toyota Siap Salip Ford Jadi Runner-up di AS

RAJAMOBIL.COM, New York – Ford Motor Co. saat ini harus mewaspadai gerak-gerik Toyota Motor Corp. yang tampaknya siap melengserkannya dari posisi kedua di pasar mobil Amerika Serikat.

Pada Februari 2015, Toyota mencatat kenaikan penjualan 13% berkat apiknya penjualan SUV kompak dan sejumlah model Lexus. Ford, yang baru saja merilis model terlarisnya, F-150, justru mengalami penurunan penjualan 2%, demikian seperti dilansir Bloomberg.

Kenaikan penjualan yang diraih Toyota itu sudah cukup mengungguli penjualan Ford pada Februari, setelah mencatat penjualan sebanyak 180.467 unit, atau lebih banyak 84 unit dibandingkan Ford. Namun dalam dua bulan pertama tahun ini, Ford masih mengungguli Toyota sekitar 8.100 unit, meski posisi Ford makin kritis disalip Toyota dalam beberapa bulan ke depan.

Jika kenaikan penjualan Toyota terus berlanjut, tinggal menunggu waktu untuk melihat perubahan peta persaingan di pasar otomotif Negeri Paman Sam. Sementara perebutan posisi kelima juga sengit antara sesama pabrikan mobil Jepang, setelah Nissan yang sebelumnya di posisi keenam, kini melibas Honda untuk menempati urutan kelima.

Kini Ford harus dapat membuktikan bahwa model terbaru pikap F-Series dapat menjadi pendorong penjualan di tengah masih rendahnya harga BBM. Apalagi, model laris ini ternyata juga kalah dari pikap lansiran General Motors dalam hal penjualan. Ini juga menjadi pertaruhan Chief Executive Mark Fields yang menduduki posisi puncak di Ford musim panas 2014. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here