Toyota Suntik Mati Venza

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Biasanya apa yang berbau Camry bisa sukses di Amerika. Tapi untuk model yang satu ini justru gagal bersinar menyamai sedan premium populer Toyota itu.

Adalah Toyota Venza yang dinilai gagal penjualannya. Model yang menggunakan platformmilik Camry ini terus melorot penjualannya, sehingga diputuskan oleh Toyota untuk dipensiunkan.

Itu berarti siklus hidup Venza amat singkat. Padahal Toyota Motor Sales USA mengira Venza bakal meraih sukses sejak diluncurkan pertama kali pada 2009. Pada tahun pertama kemunculannya, Venza terjual sebanyak 54.000 unit, berdasarkan data dari GoodCarBadCar.net. Dan setelah itu penjualan Venza terus melorot, sampai akhirnya pada 2014 lalu penjualannya tercatat hanya sekitar 30.000 unit. Jika dibandingkan dengan Toyota Camry, angka segitu hanya diraih dalam waktu sebulan.

Pabrik perakitan Venza di Georgetown, akan ditutup sementara pada Juni atau untuk merakit model-model lain. Toyota belum menyebutkan apakah mereka akan menggantikan Venza dengan model lain.

Sementara Honda cukup sukses dengan Crosstour, yang merupakan rival langsung Venza. Begitu juga dengan Ford yang melanjutkan sukses dengan Edge, dan bahkan model barunya sudah meluncur. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here