Audi Yakinkan A8 Bisa Ngebut Tanpa Sopir

RAJAMOBIL.COM, Geneva – Audi telah memperkenalkan sedan bongsor A8 di ajang Geneva Motor Show 2015. Apa yang baru dari sedan ini?

Tak hanya dari sisi desain A8 generasi anyar ini berubah dengan mengacu pada gaya desain baru yang diterapkan Audi, tapi seabrek teknologi terkini juga disematkan pada sedan ini.

Kepada Digital Trends di sela ajang Geneva Motor Show, Audi mengatakan bahwa New A8 akan mengadopsi sistem self-driving atau otonom bernama ‘Traffic Jam Pilot’. Sistem ini akan mengambil alih tugas pengemudi di kepadatan jalan bebas hambatan dengan kecepatan antara 60 hingga 80 km/jam.

Menurut Audi, sistem ini sama dengan teknologi yang dipakai oleh A7 versi self-driving yang menempuh perjalanan dari Silicon Valley menuju Las Vegas untuk menghadiri CES beberapa waktu lalu. Teknologi otonom ini memadukan kamera 3D, radar dan sensor infra merah untuk memonitor kondisi jalan dan lalu lintas di depan kendaraan. Sementara sepasang kamera yang berada di interior akan memonitor mata pengemudi.

Mobil bahkan bisa memperingatkan pengemudi jika mereka mulai terlihat mengantuk, memalingkan pandangan dari jalan atau ketika kendaraan butuh dikendalikan oleh pengemudi pada situasi tertentu. Jika alarm tidak bekerja atau pengemudi tidak merespons, A8 akan berhenti sendiri untuk menghindari dari kejadian tak diinginkan.

Dengan kata lain, teknologi self-driving bukannya untuk membuat pengemudi berleha-leha dengan bermain ponsel atau tertidur selama berkendara. Teknologi ini hanya membantu pengemudi dalam menghadapi situasi yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti pengemudian, pengereman atau berakselerasi saat kondisi jalan raya macet. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here