Dominasi Fiat Tak Tergoyahkan di Italia

RAJAMOBIL.COM, Milan – Tingginya permintaan terhadap SUV kecil membuat penjualan mobil di Italia mengalami peningkatan pesat sepanjang Februari 2015.

Sepanjang Februari, sesuai data yang dirilis Asosiasi Importir Mobil Italia (Unrae), penjualan mobil mencapai 135.559 unit. Artinya, terjadi kenaikan 13,1% dibandingkan bulan yang sama 2014. Penjualan sampai Februari pun meningkat 12% menjadi 266.944 unit.

Kenaikan ini sebenarnya lebih tinggi dari yang diperhitungkan sebelumnya. Penyebabnya antara lain suksesnya sejumlah mobil model baru yang membuat pilihan konsumen menjadi lebih beragam. Mobil kecil memang masih jadi pilihan masyarakat Italia, tapi kehadiran SUV yang menawarkan Captur, Mokka, 500X, Renegade, dan lainnya, memiliki peran yang relevan meningkatkan penjualan.

Fiat, mobil produksi pabrikan lokal, masih tetap jadi pemimpin pasar. Fiat menguasai 19,8% pangsa pasar Italia. Februari lalu, Fiat menjual 26.851 unit mobilnya kepada konsumen, meningkat 8,4% dibanding Februari tahun lalu.

Setelah Fiat, menurut focus2move, baru menyusul Volkswagen dengan 9.607 unit (turun 0,4%) danFord yang makin agresif. Ford yang pernah jadi mobil impor penguasai Italia selama bertahun-tahun, melorot posisinya sejak 2009 dan tak pernah berhasil menggeser kekuatan Volkswagen. Kini, mereka bangkit dan hanya kalah tipis dari Volkswagen, yakni dengan penjualan 9.558 unit.

Dominasi Fiat juga sangat kentara dalam tingkat penjualan model mobil. Empat dari lima posisi teratas diduduki mobil-mobil keluaran Fiat, yakni Fiat Panda, Fiat 500L, Fiat Punto, dan Fiat 500. Hanya Lancia Ypsilon yang berada di lingkaran dominasi Fiat itu. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here