Audi Gelar Lomba Bikin Mobil Otonom Mainan

RAJAMOBIL.COM, Ingolstadt – Mobil otonom sepertinya menjadi salah satu target utama Audi. Bahkan Audi memiliki prototipe yang mampu melibas trek balap tanpa pengemudi.

Untuk semakin menyempurnakan pengembangan mobil tanpa sopir, Audi juga menggelar lomba bagi kalangan mahasiswa teknik untuk menghasilkan teknologi mobil otonom, tapi dalam wujud yang lebih kecil.

Maksudnya, lomba itu untuk menghasilkan mobil mainan yang menggunakan teknologi otonom. Bertajuk Driving Cup, kompetisi yang digelar Audi ini mengundang para mahasiswa bidang sains komputer, rekayasa listrik atau rekayasa mekanis untuk membuat mobil mainan berteknologi otonom terbaik.

Menurut laporan Der Spiegel, total ada 10 tim yang akan bertarung di ajang yang digelar di Audi Museum Mobile, Ingolstadt, Jerman, pada 25-26 Maret 2015. Dalam lomba itu, masing-masing tim akan diberikan paket software dasar. Dari situ kemudian mereka ditantang untuk mengembangkan sendiri arsitektur software untuk memroses data sensor yang dapat mengendalikan mobil model atau mobil mainan.

Hardware atau peranti keras yang digunakan adalah model Audi A5 dengan skala 1:8 yang bertenaga motor listrik sehingga mobil model itu dapat melaju dengan kecepatan sekitar 40 km/jam. Poin peserta lomba akan dikurangi bila mobil model mereka mengalami kecelakaan, kehilangan waktu dan melakukan manuver yang tak sama dengan yang diperintahkan.

Bagi tim yang meraih poin terbanyak akan mendapatkan hadiah sebesar 10.000 euro atau sekitar Rp139 juta. Untuk posisi kedua diganjar hadiah 5.000 euro dan posisi ketiga mendapatkan 1.000 euro. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here