Crossover RX 2016, Cara Lexus Kuasai AS Lagi

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Di segmen SUV ataucrossover mewah di pasar AS, Lexus bersaing ketat dengan BMW. Tapi belakangan raksasa Jerman mulai mengganggu kenyamanan Lexus dalam menggaet konsumen.

Sadar bahwa ini merupakan segmen paling seksi dan juga tak ingin tertinggal dari lawan-lawan asal Jerman, Lexus menyiapkan senjata baru berupa generasi baru RX. Model ini baru akan diperkenalkan kepada khalayak di ajang New York Auto Show, pekan depan.

Sejumlah analis otomotif menilai, ini merupakan cara tepat bagi Lexus untuk kembali merajai segmen crossover mewah. Menurut analis, seperti dilansir LA Times, RX adalah raja di segmen crossover mewah, dan model ini adalah satu dari dua merek mewah yang selalu berhasil melampaui penjualan di atas 100.000 unit per tahun. Mereka satu lagi adalah BMW 3 Series. Apalagi RX adalah model yang menyumbang sekitar 25% dari total penjualan Lexus di AS.

Untuk RX 2016, yang merupakan generasi keempat sejak diperkenalkan 17 tahun lalu, memiliki dimensi lebih besar dan kabin lebih lega ketimbang model yang saat ini beredar. Model anyar ini juga diklaim akan menggendong sejumlah fitur keselamatan terkini.

Menurut Lexus, RX 2016 akan memiliki sejumlah komponen yang sama dengan milik Toyota Highlander.

Lexus menikmati tingginya permintaan RX selama sedasawarsa terakhir dan berhasil memuncaki penjualan di kelasnya selama 11 tahun berurutan sebelum akhirnya terpukul oleh bencana tsunami pada 2011, yang membuat merek ini tercecer dari BMW dan Mercedes-Benz di AS.

Tahun lalu. Lexus berhasil mendekati para rival asal Negeri Bavaria, meski tak banyak dukungan dari RX, yang hanya mencatat kenaikan penjualan tiga persen menjadi 107.490 unit.

Namun, ketika RX model anyar masuk pasar, diyakini model ini akan kembali ‘menyikut’ lawan-lawannya. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here