Audi ‘Telanjangi’ Mobil Balap R18 E-Tron Quattro

RAJAMOBIL.COM, Ingolstadt – Audi baru saja mengungkap mobil balap bermesin hybrid terbaru. Mau tahu detailnya?

Audi R18 E-Tron, demikian nama mobil balap terbaru itu. Model ini akan terjun pada musim balap 2015 di kelas four-megajoule dalam FIA World Endurance Championship. Diharapkan R18 E-tron dapat mempertahankan gelar juara balap ketahanan 24 jam Le Mans, yang dimenanginya sejak 2012.

Model terbaru ini juga diklaim lebih irit dan aerodinamis. Tampilan baru pada mobil balap Audi ini adalah air intake berukuran besar pada spakbor roda depan yang dapat mengurangi hambatan angin. Dengan begitu, lampu depan Matrix LED juga disesuaikan dengan desain baru. Lampu ini menggunakan teknologi laser hasil pengembangan Audi.

Menurut Autoexpress, Audi mendesain dua versi bodi berbeda untuk R18 model 2015 dan kedua desain ini akan bergantian sesuai dengan karakteristik trek balap. Tenaga hybrid telah membantu memberikan dorongan dari dua menjadi empat megajoule per putaran sirkuit di Le Mans tahun ini. Ini memungkinkan berkat peningkatan sistem pemulihan energi kinetik, yang mengumpulkan energi selama pengereman dan disalurkan ke roda depan.

Sedangkan motor listrik terbaru kini dapat memberikan tenaga hingga 272 hp, jauh meningkat dari model tahun lalu. Penyimpanan daya baterai juga lebih baik, yakni meningkat 17% ketimbang model 2014. Peningkatan tenaga hybrid ini memaksa Audi untuk menyesuaikan lagi tenaga dari mesin diesel V6 TDi enam silinder, dengan menurunkan tenaga 2,5% menjadi 558 hp. Namun, berbagai ubahan itu tak membuat mobil ini semakin berat, karena Audi berhasil mempertahankan bobot minimum yang diizinkan seberat 870 kilogram. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here