Pendapatan Great Wall Turun, Siap Fokus Pada SUV

RAJAMOBIL.COM, Beijing – Produsen kendaraan SUV terbesar China, Great Wall Motor Co., mencatat penurunan pendapatan bersih dua persen selama 2014 menjadi 8 miliar yuan (US$1,3 miliar).

Penurunan pendapatan itu lebih disebabkan oleh meningkatnya biaya untuk program riset dan pengembangan. “Akibat meningkatnya biaya litbang, maka pertumbuhan biaya menjadi lebih tinggi ketimbang pertumbuhan pendapatan, yang akhirnya menyebabkan turunnya laba,” kata Great Wall, seperti dilansir Xinhua.

Selama tahun lalu Great Wall mengurangi produksi sedan dan pikap demi memacu produksi SUV yang memang tengah meningkat permintaannya.

Penjualan Great Wall untuk kendaraan jenis SUV melonjak 24% menjadi 519.418 unit pada 2014, sedangkan penjualan sedan anjlok 56% menjadi 93.041 unit. Untuk penjualan pikap juga turun tujuh persen menjadi 118.313 unit.

Pendapatan tahunan Great Wall tahun lalu tumbuh 10% menjadi 62,6 miliar yuan, yang ditopang peningkatan penjualan SUV, yang memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan model sedan dan pikap.

Perusahaan otomotif ini berencana memperkenalkan kembali model SUV Haval H8 di ajang Shanghai Auto Show pada 20 April 2015. Penjualan H8 dihentikan dua kali tahun lalu karena ada masalah pada transmisi. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here