Pirelli Jual Saham ke Perusahaan Asal China

RAJAMOBIL.COM, Milan – Perusahaan asal Negeri Tirai Bambu, China National Chemical Corp (ChemChina) mengakuisisi produsen ban mobil sport, Pirelli. Perusahaan itu menggelontorkan dana hingga €7,1 miliar.

Merek ban Pirelli identik dengan dunia balap khusus Formula 1. Pirelli merupakan produsen ban yang bermarkas di Italia dan dianggap sebagai kesuksesan manufaktur industri di Italia.

Autonews melansir, Pirelli merupakan produsen ban terbesar kelima dunia. Perusahaan asal China tersebut yakin dapat meningkatkan kepopuleran ban yang telah diproduksi sejak 143 tahun silam.

Dengan menggelontorkan dana itu, ChemChina kini memiliki 26,2% saham Pirelli. ChemChina menyatakan tidak akan memindahkan markas Pirelli dan tetap berada di Milan, Italia.

Namun ChemChina dikabarkan juga akan menyatukan Pirelli dengan AEOLUS, untuk menyuplai dalam bisnis ban truk dan industri di China.

Berkat kepemilikan sebagian saham oleh perusahaan asal China, Pirelli yakin dapat bersaing dengan Michelin dan Continental di wilayah Asia. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here