Proton Bidik Segmen Hatchback India Via Iriz

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Pabrikan mobil asal Malaysia, Proton, kini berupaya memperluas pasarnya, salah satunya membidik pasar India.

Proton akan mengandalkan satu model bila memang nanti jadi masuk ke pasar Negeri Barata, yaitu hatchback Proton Iriz. Dan jika Iriz dipasarkan di India, kemungkinan besar akan dirakit secara lokal untuk menekan harga.

Langkah itu juga dilakukan Mitsubishi yang menggandeng mitra lokal, Hindustan Motor Finance Corp., demikian seperti dilansir indianautosblog.

Iriz adalah mobil hatchback mungil berukuran panjang kurang dari empat meter (3.920 mm) yang ditenagai mesin bensin di Malaysia dan pasar global. Agar bisa bersaing di India, Proton memang harus membenamkan mesin kurang dari 1.2 liter untuk bensin dan di bawah 1.5 liter untuk mesin diesel.

Pasalnya, pemerintah India akan memberikan insentif pajak untuk bea masuk kendaraan di bawah empat meter dan mesin berkapasitas kecil. Hanya saja, Proton sepertinya akan menghadapi kendala besar di India. Sebab masyarakat negeri itu lebih menyukai mesin diesel, sementara Iriz tak punya mesin peminum solar.

Mesin terkecil milik Iriz berkapasitas 1.3-liter dengan variable valve timing (VVT) yang menghasilkan tenaga 95 horsepower dan torsi 120 Nm. Opsi mesin lainnya adalah 1.6-liter VVT bertenaga 108 horsepower dan torsi 150 Nm. Nah, dari kedua fakta inilah, yaitu tanpa mesin diesel dan mesin lebih besar dari 1.2 liter, yang bakal mengganjal sukses Iriz di India.

Jika memang ingin mencoba mencicipi pasar India, sebaiknya Proton harus mengubah pakem yang dimiliki Iriz, yaitu menyiapkan mesin diesel dan menurunkan kapasitas mesin bensinnya. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here