Ini Cara Mudah Periksa Bagian Roda Mobil

RAJAMOBIL.COM, Bekasi – Roda mobil adalah salah satu bagian kaki-kaki terpenting dari suatu kendaraan yang terdiri atas pelek dan ban. Tanpa komponen tersebut mustahil sebuah mobil dapat melaju di jalanan.

Pada dasarnya bagian roda, yang terdiri dari pelek dan ban mempunyai beberapa fungsi, seperti mengurangi getaran di dalam mobil dari ketidakteraturan permukaan jalan, menstabilkan laju kendaraan, melindungi roda dari kerusakan, memberikan kenyamanan, dan mempermudah pergerakan kendaraan.

Bayu, 37, kepala bengkel mobil Yanto Motor di bilangan Galaxy, Bekasi, kepada Rajamobil.com mengungkapkan, putaran pada roda, kondisi dan tekanan ban terutama pada bagian roda depan harus selalu diperhatikan dan diperiksa sebelum melakukan perjalanan. Jika hal ini diabaikan maka akan mempengaruhi laju kendaraan yang erat hubungannya dengan keselamatan berkendara.

Namun bagaimana mengetahui bagian roda mobil bermasalah? Berikut cara mudah melakukan pemeriksaan tersebut dari berbagai sumber.

a. Coba angkat mobil dengan dongkrak sampai roda menggantung.

b. Putar roda ban dengan tangan searah jarum jam.

c. Pastikan putaran roda terdapat bunyi atau tidak.

d. Perhatikan putaran roda stabil dan tidak bergetar.

e. Pegang ban dengan kedua tangan, lalu goyangkan, dan pastikan ‘oblak’ atau tidak.

d. Periksa bagian mur-mur pengikat roda.

e. Bila kendur, segera kencangkan bagian mur-mur tersebut.

Apabila dengan cara di atas, bagian roda mobil menunjukan gelaja-gejala tersebut, maka pasti terjadi kerusakan pada salah satu bagian roda, seperti kampas rem habis, laher, ball joint, dan teirod. Untuk itu disarankan segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk perbaikan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here