Kanada Ingin Lepas Saham di GM ke Goldman Sachs

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Pemerintah Kanada ingin segera melepas kepemilikan saham senilai US$2,7 miliar di General Motors pasca perusahaan itu diselamatkan dari kebangkrutan.

Menurut Perdana Menteri Kanada Stephen Harper, hasil penjualan saham di GM itu akan dimanfaatkan untuk memenuhi janji-janji pemerintah sebelum pemilu lalu, demikian seperti dilaporkan Bloomberg.

Lantas siapa yang akan membeli porsi milik pemerintah Kanada tersebut. Bloomberg menyebutkan, saham senilai US$2,7 miliar akan dilepas kepada Goldman Sachs & Co. Kabarnya transaksi pembelian saham itu akan dituntaskan pada 10 April 2015.

Namun pelepasan saham itu belum akan menghapus kepemilikan pemerintah Kanada di GM. Pasalnya, pada saat GM butuh dana talangan ketika memasuki masa kritis pada 1998, Kanada mengucurkan dana talangan US$9,6 miliar.

Saat krisis finansial melanda, Kanada juga punya kepentingan dengan menyalurkan talangan kepada GM, yaitu untuk menyelamatkan sekitar 52.000 tenaga kerja yang bekerja di sektor otomotif Kanada.  [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here