Hubungan Dewan Pengawas dan CEO VW Memanas

RAJAMOBIL.COM, Wolfsburg – Tensi meninggi terjadi antara ketua dewan pengawas dengan CEO Volkswagen Group di tengah upaya raksasa otomotif ini bangkit di AS.

Adalah Der Spiegel yang menguak perseteruan antara Ketua Dewan Pengawas Volkswagen Group Ferdinand Piech dengan CEO Volkswagen Group Martin Winterkorn.

Menurut laporan itu, Piech telah mencabut kepercayaannya terhadap Winterkorn, yang sebelumnya diperkirakan akan menggantikan Piech sebagai chairman. Piech, yang memimpin VW selama 22 tahun terakhir, mengakui ada ‘jarak’ antara dirinya dengan Winterkorn.

Sementara Reuters menyebutkan, sejumlah analis melihat pernyataan Piech itu sebagai upaya menghalangi upaya Winterkorn memperbarui kontraknya yang akan habis pada Desember 2016. Lunturnya kepercayaan Piech terhadap Winterkorn juga menjadi pukulan telak bagi upayanya untuk melanjutkan tugas Piech sebagai chairman setelah mantan bosnya saat di Audi itu pensiun.

Kepada Der Spiegel, Piech mengatakan penerusnya kelak bukanlah anggota klan Porsche-Piech, yang menguasai 53,1% saham Volkswagen Group. Ia juga menegaskan bahwa istrinya, anggota dewan pengawas Ursula Piech, juga tidak masuk dalam daftar calon penggantinya.

Raksasa otomotif Eropa ini akan memutuskan untuk menunjuk chairman baru sebelum Piech meletakkan jabatannya pada 2017. Menurut Piech, calon yang tepat untuk posisi chairman dan CEO adalah mereka yang sudah bekerja untuk Volkswagen Group dan kedua posisi itu akan diisi oleh insinyur.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here