Pemegang Kualifikasi Terbaik MotoGP Raih BMW M6

RAJAMOBIL.COM, Jerez РUntuk pemegang kualifikasi terbaik dalam balap motor MotoGP musim ini akan diganjar hadiah BMW M6 Convertible.

Pemberian hadiah oleh BMW ini dilakukan sejak 2003, ketika BMW memutuskan untuk menciptakan M Award untuk memberikan penghargaan kepada pebalap yang mencatat waktu terbaik dalam kualifikasi selama kejuaraan. Sejak saat itu, tiap tahun peraih poin terbanyak dalam sesi kualifikasi akan mendapatkan sebuah mobil BMW M.

Dan untuk hadiah tahun ini adalah M6 Convertible, mobil atap terbuka bertenaga 560 horsepower bermesin bensin M TwinPower Turbo V8. Akselerasi dari posisi diam menuju 100 km/jam dalam waktu 4,3 detik dengan kecepatan puncak dibatasi secara elektronis hingga 250 km/jam.

Menurut BMW, seperti dilansir bmwblog.com, Casey Stoner dan Valentino Rossi memimpin dalam perolehan hadiah, yaitu masing-masing mendapatkan tiga M Award. Tahun ini adalah pemberian penghargaan ke-13 kalinya setelah BMW menjadi “Official Car of MotoGP”, dengan menugaskan sejumlah model di ajang balap motor tercepat di dunia itu.

Tercatat ada enam model BMW M dan M Performance yang bertugas, yaitu BMW M4 Coupe, BMW M3 dan BMW M6 Gran Coupe sebagai Safety Car, sedangkan Safety Officer menggunakan BMW M5. Di bawah Stoner dan Rossi yang menerima hadiah terbanyak adalah Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, masing-masing dua penghargaan.

Marquez menjadi pebalap termuda yang memenangi BMW M Award dan sekaligus pebalap pertama yang meraih hadiah itu sebagai pebalap rookie. Sedangkan dua penghargaan sisanya jatuh kepada Nicky Hayden dan Sete Gibernau.

Poin yang diberikan untuk mendapatkan M Award sama dengan kejuaraan MotoGP, yaitu 25 poin untuk pole position, 20 untuk posisi kedua, 16 ketiga dan seterusnya. Marquez saat ini memimpin klasemen M Award dengan raihan 86 poin, diikuti Dovizioso (63), Lorenzo (62), Iannone (54) dan Aleix Espargaro (43) serta Rossi (40). [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?