Hyundai Sonata Ultah ke-30, Terjual 7,3 Juta Unit

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Hyundai Sonata saat ini sudah memasuki usia 30 tahun. Sejak dirilis pada 1985, model ini terjual lebih dari 7,3 juta unit di seluruh dunia.

Tiga tahun setelah debutnya di Korea Selatan, Sonata diboyong ke Amerika Utara, dan sejak itu sedan ini laku terjual lebih dari 2,3 juta unit hingga sekarang di pasar AS, termasuk sekitar 80.000 model hybrid yang diperkenalkan sejak 2011.

Dave Zuchowski, presiden dan CEO Hyundai Motor America, seperti dilansir LA Times mengatakan, selama 30 tahun eksistensinya, Sonata telah berevolusi untuk memenuhi perubahan kebutuhan konsumen, termasuk melahirkan All-New Sonata Plug-In Hybrid.

Untuk Sonata generasi pertama menggunakan sistem penggerak roda belakang, tapi mulai generasi kedua (1988) dan seterusnya, front-wheel drive sudah diaplikasikan pada semua varian. Kemudian mulai 1993 hingga 1998, Sonata generasi ketiga mulai mengadopsi teknologi digital, juga ABS dan automatic side mirror.

Selanjutnya, untuk generasi keempat mulai dipasarkan transmisi matik HIVEC. Sementara pada generasi kelima (2004) menjadi awal lahirnya Sonata era modern, yang meliputi teknologi untuk membangun kerangka bodi dan kabin. Dilanjutkan dengan Sonata generasi keenam (2009) yang memperkenalkan filosofi desain Fluidic Sculpture.

Dan yang terbaru adalah Hyundai Sonata Plug-In Hybrid model 2016 yang mengikuti tren industri otomotif mengarah ke teknologi ramah lingkungan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?