Kemitraan Mazda-Toyota Resmi Diumumkan

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Mazda dan Toyota resmi mengumumkan program kemitraan sebagai upaya mengurangi biaya pengembangan.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan di Tokyo, Rabu (13/5), kedua pabrikan mobil asal Jepang itu mengatakan bahwa mereka membentuk komisi bersama, yang tugasnya mengevaluasi kekuatan dari masing-masing perusahaan.

Dari kekuatan yang ada, Mazda dan Toyota akan melangkah lebih jauh untuk menggarap proyek bersama di masa depan. Namun belum dijelaskan secara detail proyek apa saja yang akan dikerjakan bareng antara Mazda dan Toyota. Hanya saja, sejumlah laporan yang beredar pekan lalu menyebutkan Toyota akan memasok Mazda dengan teknologi plug-in hybrid dan fuel cell hidrogen.

Dalam konferensi pers yang digelar usai penandatanganan kesepakatan, CEO Toyota Akio Toyoda dan CEO Mazda Masamichi Kogai mengatakan bahwa teknologi hybrid dan hidrogen adalah bidang yang akan digarap bersama oleh keduanya. Tapi mengenai bentuk kerjasamanya seperti apa, baik Toyoda maupun Masamichi belum memberikan konfirmasinya, demikian seperti dilansir Nikkei.

Toyota dan Mazda saat ini menjalin kerjasama di beberapa bidang. Salah satunya adalah Mazda memasok versi sedan dari New Mazda2, yang akan disulap Toyota menjadi Scion iA. Sementara Toyota memasok komponen hybrid kepada Mazda untuk dipakai Mazda3.

Meski detail produk tertentu dan kerangka waktu kemitraan itu tak diumumkan dalam konferensi pers tersebut, kedua perusahaan menyatakan kesepakatan baru ini akan memperluas model kerjasama yang telah disepakati sebelumnya.

Di sisi lain, dengan alasan yang sama, yaitu untuk memangkas biaya pengembangan, Toyota juga menggandeng BMW untuk bermitra mengembangkan mobil sport yang akan menjadi penerus dari Toyota Supra dan BMW Z4. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here