Penjualan Merek VW Melambat

RAJAMOBIL.COM, Wolfsburg – Merek Volkswagendi China mengalami penurunan penjualan 7,5 persen year on year pada April menjadi 221.000 unit, sebagai imbas dari perang harga dengan General Motors.

Namun demikian, merek-merek lain di bawah payung Volkswagen Group memiliki performa lebih baik pada periode yang sama, seperti penjualanPorsche yang melonjak 46% year on year menjadi 4.996 unit, Skoda meningkat 4,9% menjadi 23.000, dan Audi naik tipis 0,2% menjadi 45.296 unit.

Lesunya penjualan merek Volkswagen juga tak lepas dari melambatnya permintaan di pasar otomotif Negeri Tirai Bambu itu. Pada April, penjualan kendaraan ringan di China tumbuh 3,7%. Ini jauh menurun dibandingkan dengan pertumbuhan selama kuartal pertama tahun ini yang mencatat pertumbuhan 9%.

Di sisi lain, GM menjual sebanyak 258.484 kendaraan di China pada April, atau turun 0,4% seiring lemahnya permintaan terhadap merek Buick dan Chevrolet. Dampaknya, Shanghai GM berencana memangkas harga pada 40 model yang dipasarkan oleh Buick, Chevrolet dan Cadillac, demikian seperti dilaporkan Autonews.

VW, GM dan pabrikan mobil asing lainnya mendapat persaingan ketat dari pabrikan lokal seperti Great Wall dan Geely, yang memiliki jajaran produk SUV berharga terjangkau. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here