Kapan Roda Mobil Harus Spooring?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Anda mungkin pernah merasakan mobil ‘berlari’ ke arah kiri atau kanan dan posisi setir juga sulit diarahkan ke tengah. Itu pertanda roda mobil Anda sudah tidak lurus atau tidak sejajar.

Kondisi seperti itu biasanya sebagai dampak dari seringnya roda mobil menghantam lubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk membawa mobil ke bengkel spooring dan balancing, sebaiknya Anda memeriksa tekanan ban lebih dulu.

Ban yang kempes juga sering menyebabkan mobil ‘berlari’ arah ban yang kempes. Jika bukan karena ban kempes, Anda juga memeriksa apakah tapak ban mobil rata atau sudah ada yang peyang.

Sementara getaran pada roda bukan karena posisi roda tidak sejajar. Kemungkinan getaran itu disebabkan karena roda tidak seimbang atau penyok, dan bisa juga karena komponen suspensi rusak. Jadi membawa mobil ke bengkel spooring dan balancing tidak akan menyelesaikan masalah.

Nah, untuk kasus mobil yang harus dibawa ke bengkel spooring dan balancing adalah bila semua yang di atas itu sudah dicek dan tidak ada masalah, sementara mobil tetap berlari ke satu sisi.

Spooring yang benar adalah menyetel camber (sudut kemiringan roda ketika dilihat dari atas), caster(kemiringan roda dilihat dari samping) dan toe-in atau toe-out (melihat roda dari atas). Untuk menyejajarkan roda supaya lurus kembali dibutuhkan alat khusus yang dapat mengukur kemiringan roda secara terkomputerisasi. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?