Berapa Sih Idealnya Usia Ban?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Bagi setiap mobil baru dengan pemakaian normal, masa ‘pensiun’ ban rata-rata setelah menempuh jarak sekitar 80.000 km.

Tapi tetap saja usia ban bergantung pada banyak faktor, seperti kualitas ban, tingkat kembangan ban, jenis ban apakah khusus untuk musim panas atau untuk segala cuaca, jenis kendaraan dan cara mengemudi. Untuk ban performa tinggi memiliki daya cengkeram baik di permukaan jalan kering, tapi cenderung lebih cepat aus ketimbang ban biasa. Jika Anda yang suka ngebut memang cocok dengan ban seperti ini.

Berikut ada beberapa panduan mengenai tipe ban yang berbeda dan ban jenis apa yang paling cocok dengan gaya mengemudi Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa mengemudi dalam waktu lama dengan ban kurang angin akan mempercepat usia ban. Jika Anda tak pernah atau jarang merotasi ban, terutama untuk ban depan dengan sistem penggerak roda depan, maka kondisi ban yang kurang akan akan mempercepat ban aus. Tak hanya akan membuat mengemudi terasa berat, juga akan memperberat pengereman dan saat menikung serta saat start.

Secara rata-rata, tipe ban kualitas bagus atau lumayan dengan pemakaian normal sehari-hari, bisa tahan hingga jarak tempuh kendaraan mencapai sekitar 80.000 km. Tapi berbagai faktor dapat membuat ban hanya sanggup menempuh jarak sekitar 50.000 km dalam kondisi baik.

Jadi beragam faktor yang disebutkan di atas sangat mempengaruhi usia ban. Sebenarnya Anda tak perlu menguras kantong untuk membeli ban berkualitas tinggi, meski juga tak dianjurkan untuk membeli ban murahan. Ban hanyalah bagian dari kendaraan Anda yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, jadi pastikan mendapatkan ban yang mampu memenuhi tugas menggelindingkan mobil dengan nyaman dan awet.

Untuk pemakaian sehari-hari, sebaiknya Anda memilih kombinasi ban yang seimbang antara ban basah, nyaman dikendarai, tak bising dan peringkat treadwear yang lebih tinggi (nomor peringkat tapak ban yang dicetak di dinding ban) dan peringkat traksi. Dan perlu diingat bahwa ban performa tinggi tak awet alias cepat aus. Jadi yang terbaik adalah ban yang memiliki kombinasi seimbang tadi. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here