Menilik Sedasawarsa Sepak Terjang Toyota Innova

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Menjelang kehadiran Toyota Innova model 2016, ada baiknya kita mengikuti ‘napak tilas’ MPV kondang ini sejak rilis pertama kali pada 2005.

Berbeda dengan di Indonesia yang hadir sebagai Toyota Kijang Innova, di India dan pasar Asia lain, MPV ini tanpa diembel-embeli nama Kijang. Untuk di Indonesia sendiri, Toyota Kijang sudah lahir sejak 1970-an.

Kembali ke Toyota Innova, MPV ini menjadi kunci sukses bagi pabrikan Jepang itu di pasar Negeri Barata. Terbukti, lebih dari setengah juta Innova terjual di India sejak 2005.

Model ini telah mengalami sejumlah ubahan dan beberapa kali hadir sebagai versi facelift. Berikut ‘napak tilasnya’:

2005: Pada 24 Februari, Toyota meluncurkan Innova dengan pilihan mesin bensin 2.0-liter VVT-I petrol dan diesel 2.5-liter D-4D.

2009: Terjadi ubahan signifikan, termasuk penambahan intercooler; meski tenaga dan torsinya tak berubah. Secara tampilan, desain lampu depan dan gril berubah.

2011: Hadir versi facelift kedua untuk Innova, yang meliputi perubahan pada bumper, gril, lampu utama dan desain velg. Di dalam kabin, tombol pengendali audio terdapat di lingkar kemudi dan ada climate control system pada beberapa varian.

2014: Toyota mempertahankan desain secara keseluruhan sejak model 2011, kecuali penambahan gril yang berukuran lebih besar dan sedikit ubahan pada bumper depan dan belakang. Toyota juga menawarkan dua airbag sebagai perlengkapan standar di semua varian.

Autocar merilis gambar rekaan untuk Toyota Innova model 2016, yang tampaknya tak akan berbeda jauh dari versi produksinya, terutama jika mengacu pada bocoran foto prototipe MPV ini saat menjalani pengujian di India atau di Thailand. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?