12 Hal Perlu Anda Tahu dari Toyota Prius 2016

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Toyota resmi memperkenalkan All-New Prius 2016 di Las Vegas, Nevada. Berikut ada 12 hal yang perlu Anda ketahui dari model terbaru dari pionir kendaraan hybrid di dunia ini, seperti dijabarkan oleh Autoguide.

1. Kehebatan mesin hybrid

Sebagai kendaraan hybrid pertama di dunia, Prius 2016 sudah memasuki generasi keempat dan nama Prius sudah berada di pasar sejak hampir dua dasawarsa terakhir.

Selama itu telah dibuat sekitar 3,5 juta unit Prius di seluruh dunia.

2. Platform baru

Seperti yang sudah disebutkan, Prius 2016 dibangun di atas platform anyar bernama Toyota’s New Global Architecture (TNGA). Prius adalah model pertama Toyota yang menggunakan platform tersebut.

3. Lebih besar, lebih lega

Prius 2016 memiliki dimensi lebih besar ketimbang model sebelumnya. Untuk panjangnya kini lebih melar 2,4 inci, lebih lebar 0,6 inci, sehingga memberikan ruang kabin yang lebih lapang bagi penumpang maupun barang. Sementara tingginya lebih rendah 0,8 inci.

4. Suspensi belakang double wishbone

Untuk meningkatkan pengendaraan yang dinamis, Prius 2016 dilengkapi suspensi belakang double-wishbone. Selain strukturnya lebih kaku, konfigurasi sasis seperti ini menawarkan tingkat bantingan lebih baik tanpa mengorbankan kenyamanan.

5. Mesin hybrid baru

Selain arsitektur dan suspensi baru, Prius 2016 juga dicangkokkan mesin hybrid anyar. Teknologi hybrid itu dipadu dengan mesin konvensional empat silinder dengan angka efisiensi termal lebih dari 40 persen.

6. Mesin hybrid efisien

Tak hanya lebih kompak dan lebih ringan, teknologi hybrid baru yang dipakai Prius 2016 juga lebih irit dan menawarkan daya jelajah lebih jauh ketimbang model sebelumnya.

7. Teririt di kelasnya

Toyota mengklaim Prius 2016 lebih irit 10 persen dibandingkan dengan Prius lawas yang memiliki tingkat konsumsi BBM rata-rata 21,25 km/liter. Jadi untuk Prius anyar lebih irit 10 persen dari pencapaian tersebut. Dengan demikian, Prius 2016 diklaim sebagai yang paling irit di kelasnya dan memiliki daya jelah terjauh untuk mobil non plug-in hybrid.

8. Varian Eco

Toyota juga mengembangkan versi Eco untuk Prius 2016. Varian ini menjanjikan tingkat efisiensi bahan bakar lebih tinggi alias lebih irit.

9. Tujuh pilihan warna

Ada tujuh pilihan warna untuk Prius 2016, termasuk warna terbaru bernama “Hypersonic Red.”

10. Lampu LED untuk semua tipe

Lampu utama LED sudah menjadi perlengkapa standar pada seluruh tipe Prius 2016, ditambah dengan gaya desain lebih agresif dan kabin lebih modern.

11. Fitur keselamatan terkini

New Prius menjadi model pertama Toyota yang mengadopsi fitur keselamatan canggih bernama Toyota Safety Sense, sebuah fitur yang dilengkapi seabrek teknologi anyar untuk mempermudah tugas pengemudi plus melindungi keselamatannya. Teknologi itu meliputi pre-collision braking, lane-departure warning dan full-speed dynamic radar cruise control.

12. Dipasarkan awal 2016

Toyota adalah pemimpin dalam teknologi hybrid. Hingga kini, Toyota telah menjual lebih dari delapan juta kendaraan hybrid. Prius 2016 menjanjikan untuk melanjutkan tren tersebut. Model hybrid teranyar Toyota ini akan mulai dipasarkan pada awal 2016. [mor]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here