Apa Beda Wax dan Bahan Poles Cat Mobil?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Saat ini masih banyak orang salah kaprah dalam memilih cairan atau krim untuk mempercantik tampilan cat mobil yang kusam. Ada yang memilih wax, tapi ada juga yang membeli krim poles.

Saat melihat permukaan cat mobil kusam, apalagi ada sejumlah baret kecil, pasti Anda akan berpikir untuk memilih bahan yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Atau bagi yang tak mau repot langsung membawa mobil ke bengkel perawatan mobil. Hanya saja, uang yang harus dikeluarkan juga tak sedikit.

Sebenarnya, menghilangkan baret kecil di permukaan cat mobil tak sesulit yang dibayangkan. Bagi pemilik mobil yang mau sedikit bersusah-susah, tinggal sambangi toko aksesoris mobil dan minta saran penjualnya soal bahan poles yang pas untuk mengatasi masalah mobil mereka.

Jika penjual memang paham, mereka pasti akan menyarankan untuk membeli bahan poles, bisa berupa gel atau krim dan ada juga yang cair. Sementara penjual yang kurang paham, ada kemungkinan menawarkan wax. Lalu, apa bedanya antara bahan poles dan wax?

Meski cara aplikasinya sama, yakni memoleskan sedikit demi sedikit bahan ke permukaan cat dan menggosoknya dengan lap karet lembab atau busa lembab. Setelah itu, sebelum kering langsung diusap dengan kain halus kering dengan gerakan memutar sampai benar-benar kering dan halus. Bisa juga digosok dengan alat penggosok yang digerakkan dengan listrik, tapi perlu biaya lagi.

Nah, bedanya wax dengan bahan poles adalah, wax hanyalah untuk melindungi pelapis atau pelindung cat, sementara bahan poles adalah cairan atau gel yang mengandung butiran halus yang sifatnya abrasif, demikian kata The Carey Bros. 

Tapi ada juga wax yang mengandung bahan poles sekaligus, dan fungsinya juga untuk mengikis timbunan jamur atau kerak membandel di permukaan cat, tapi bisa juga untuk mengurangi baret di cat. Jadi sifatnya juga abrasif.

Untuk mobil baru, sebaiknya Anda hati-hati dalam memilih bahan untuk mengilapkan cat. Hindari bahan yang abrasif karena akan mengikis lapisan pelindung cat. Kecuali memang terdapat baret pada permukaan cat. Dan jangan lupa untuk selalu memoles atau mengaplikasikan wax di tempat teduh yang tak terpapar sinar matahari langsung. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here