Apa Beda Gigi D3 dengan D4 Pada Mobil Matik?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Meski banyak yang sudah menggunakan mobil bertransmisi otomatis, tapi tak sedikit yang belum paham sepenuhnya fungsinya.

Pada mobil transmisi matik di kelas menengah kerap hanya memiliki pilihan gigi D, N, R dan P. Tapi untuk kendaraan di segmen di atasnya, pilihan giginya lebih beragam, seperti D, D3, N, R dan P. Lantas apa fungsi D3?

Seorang mekanik di pusat onderdil di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, menjelaskan bahwa pada mobil dengan transmisi otomatis empat percepatan, Anda dapat memilih gigi D(rive)4 atau D3 untuk mengoperasikan kendaraan. Tapi bila Anda memilih D3, itu artinya transmisi hanya hanya berpindah hingga gigi 3. Pada gigi 3, putaran mesin akan lebih tinggi dan tarikan akan lebih kuat.

Sementara bila memilih D4, gigi bisa berpindah hingga gigi 4 pada kecepatan stabil dengan putaran mesin (rpm) lebih rendah dan konsumsi bahan bakar lebih irit. Pada transmisi otomatis empat percepatan, gigi 4 berfungsi layaknya gigi overdrive (OD), artinya output batang transmisi berputar lebih cepat daripada mesin. Jadi, dengan memilih D3 berarti mengunci overdrive.

Mengunci overdrive berguna saat melalui jalan berbukit, karena akan mengurangi jumlah pergantian gigi, dan ketika jalan menanjak mesin akan beroperasi pada rpm tinggi agar tenaga lebih kuat. Begitu sebaliknya saat jalan menurun, dengan gigi D3 dapat membantu mesin melakukan engine braking.

Mengoperasikan D3 saat menderek juga berguna menjaga tenaga mesin untuk menarik bobot berlebih. Dengan tetap mengoperasikan transmisi di posisi D3 sepanjang waktu akan meningkatkan konsumsi bahan bakar dan menambah cepat mesin aus, sebab mesin akan selalu bekerja pada rpm tinggi. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?