Apa Keuntungan Ban Pakai Nitrogen?

ban mobil

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Masih banyak pemilik mobil yang masih bingung antara menggunakan nitrogen atau udara biasa untuk mengisi ban mobil.

Menurut getnitrogen.org, menggunakan nitrogen pada ban mobil memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan bila menggunakan udara biasa yang dikompresi.

1. Nitrogen dapat meminimalkan kelembapan

Uap air, yang biasa ditemukan pada udara yang dikompresi, berperan dalam memicu terjadinya perubahan tekanan udara di dalam ban, karena volumenya akan meningkat seiring dengan peningkatan suhu. Sementara ban yang berisi nitrogen tidak akan meningkat signifikan suhu dan tekanannya saat mobil beroperasi dibandingkan dengan ban berisi udara biasa. Kelembapan juga mempercepat proses oksidasi yang dapat memicu terjadinya karat pada lapisan baja pada ban.

2. Nitrogen meminimalkan oksidasi

Oksigen merusak lapisan dalam ban karena udara bermigrasi keluar melalui karet, dan ini dapat menyerang semua komponen berbahan logam, seperti velg, sensor tekanan ban, dan juga kelep atau pentil.

3. Nitrogen meminimalkan kontaminan

Nitrogen dapat menyumbat celah-celah kecil antara ban dan velg serta pentil, sehingga potensi ban bocor lebih kecil. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here