Kap Mesin Terbuka Saat Mobil Melaju?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Apakah Anda pernah mengalami atau melihat kap mesin mobil terbuka dan mengenai kaca depan saat mobil melaju? Lalu, apa yang Anda lakukan?

Kasus kap terbuka sendiri saat mobil melaju adalah karena pengait yang longgar dan adanya dorongan angin dari bawah sehingga kap mesin terangkat ke atas, kata mekanik di bengkel Jaya Motor di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Kejadian seperti itu jelas mengagetkan bagi si pengemudi mobil tersebut atau pengemudi mobil lain yang berada di sekitarnya. Jika hal itu menimpa Anda, yang harus Anda lakukan adalah cepat bereaksi dan jangan panik sehingga tak memicu masalah yang lebih besar.

Yang perlu Anda pikirkan adalah mobil yang berada di dekat mobil Anda. Jika Anda berada dalam situasi lalu lintas yang lancar dan Anda tidak sedang mengikuti kendaraan lain dengan jarak terlalu dekat, Anda harus memikirkan kendaraan di belakang Anda.

Untuk itu, Anda jangan menginjak rem dalam-dalam, karena jika sampai kap mesin itu terlepas dan terbang ke belakang, lampu rem Anda tak akan terlihat oleh pengemudi di belakang Anda.

Jika kap mesin masih belum terlepas, secara bertahap Anda memperlambat laju mobil dan sesegera mungkin keluar dari jalan. Jangan lupa untuk terus memantau situasi dari jendela samping dan spion luar karena pandangan ke depan sudah tertutup kap mesin. Tapi bila masih ada celah di kap mesin yang terbuka, pantau jalan di depan dari celah tersebut.

Sementara itu, jika kejadiannya dalam kondisi lalu lintas padat merayap, maka Anda harus perhatikan mobil di depan dan belakang Anda. Anda harus bisa menjaga jarak aman dan tetap jangan mengerem mendadak karena mobil di belakang Anda berpotensi menabrak bagian belakang mobil Anda.

Setelah mobil keluar dari jalan, Anda langsung menutup kap mesin. Tapi jika ada kerusakan sehingga tak bisa ditutup, coba cari tali atau pengait agar kap mesin bisa tertutup kembali dan segera bawa ke bengkel. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here