Ini Wilayah Di Indonesia Dengan Tata Kelola Jalan Terbaik

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) dari PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) kembali digelar. Penghargaan bagi Kota dan Kabupaten terkait keamanan di jalan raya ini guna mengetahui kesiapan dan rancangan masing-masing daerah terkait keamanan di jalan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini penghargaan IRSA 2015 terbagi menjadi empat kategori. Pertama, kota dengan penduduk di atas satu juta jiwa. Kedua, kota dengan penduduk di bawah satu juta jiwa. Ketiga, kabupaten dengan penduduk di atas satu juta jiwa. Terakhir kabupaten dengan penduduk di bawah satu juta unit.

Surabaya menjadi pemenang dalam kategori Kota dengan jumlah penduduk di atas satu juta jiwa. Kota Surabaya dianggap menerapkan tata kelola keselamatan di jalan secara baik.

Untuk Kota dengan penduduki di bawah satu juta jiwa dimenangi Kota Balikpapan. Sementara pemenang kategori kabupaten dengan jumlah penduduk di atas satu juta jiwa dimenangi oleh Kabupaten Jepara.

Untuk pemenang kategori kabupaten dengan jumlah penduduk di bawah satu juta, pemenang utamanya adalah Hulu Sungai Selatan. Selain itu, terdapat pula kategori khusus yang sengaja diberikan oleh IRSA 2015 terhadap kota dan kabupaten yang memiliki inovasi baik dalam program tata kelola keselamatan jalan.

Untuk kota atau kabupaten dengan inovasi terbaik dalam program tata kelola keselamatan jalan dimenangi Kabupaten Kudus. Sementara pemenang kategori khusus lainnya, yakni kota atau kabupaten dengan peningkatan indeks total keselamatan jalan terbaik adalah Kota Tangerang.

Di 2015, menurut CEO Adira Insurance Indra Baruna, terdapat 61 kota dan kabupaten yang ikut serta dan 15 kota dan kabupaten yang direkomendasikan. Sehingga total ada 76 kota dan kabupaten yang ikut serta di IRSA 2015 ini.

“Dari 76 peserta itu, IRSA kemudian mencari 16 finalis di antaranya yang kemudian disurvei dan diobservasi lebih lanjut untuk mencari 12 finalis,” terang Indra.

Sementara untuk penilainannya, dilihat dari lima pilar yang terdapat dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK), yakni:

Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan
Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan
Pilar 3 Kendaraan yang berkeselamatan
Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan
Pilar 5 Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here