Daihatsu Bidik Penjualan Naik 15%

RAJAMOBIL.COM, Bogor – Seiring harapan membaiknya perekonomian nasional, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menargetkan penjualan 15% pada 2016.

“Kondisi pasar otomotif nasional pada tahun ini yang cenderung melemah, membuat penjualan turun 10%. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi tahun depan pasar mobil nasional masih sama seperti tahun ini, yakni sekitar satu juta unit dan kami menargetkan angka penjualan hanya naik 15%,” kata Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra, di Bogor, akhir pekan ini.

Target penjualan yang ditentukan untuk tahun depan, menurut Amelia, mencapai 150.000 unit, sama seperti tahun ini. Implementasinya, periode Januari hingga November 2015, penjualan ADM dari pabrik ke diler mencapai 154.867 unit atau turun 10% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Kami tidak mau memasang target yang ambisius tahun depan. Selain melihat kondisi pasar, Daihatsu merupakan brand yang sangat low profile,” papar dia.

Untuk mencapai penjualan hingga 15%, lanjut Amelia, perseroan sudah menyiapkan strategi dengan peningkatan kualitas kendaraan dan outlet. “Strategi tersebut dengan menyiapkan produk yang cocok dengan kondisi Indonesia. Yang kedua, menyiapkan outlet yang mudah dijangkau,” ujarnya.

Amelia menambahkan, Daihatsu memiliki 217 outlet dan sampai tahun depan pihaknya menargetkan 219 outlet hadir di seluruh wilayah Indonesia.

“Arah penjualan adalah segmentasi pasar, yaitu commercial dengan andalan Grandmax, youngster menjual Sirion, young family mengandalkan Xenia dan Terios, terakhir mature family yang dituju untuk keluarga besar,” tutur Amelia. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here