Kenali Fungsi dan Gejala Kerusakan Pada ECU

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Engine Control Unit (ECU) merupakan sistem komputer yang memiliki fungsi untuk mengatur dan mengontrol kinerja mobil. ECU terdapat pada mobil electronic fuel injection (EFI) atau biasa disebut dengan mobil injeksi.

ECU juga bekerja sebagai alai record kendaraan yang mampu mendeteksi terjadinya malfunction pada mobil. Untuk membantu mengetahui kerusakan tersebut pada ECU secara menyeluruh maka dieperlukan alat Engine Scanner Tools. Alat tersebut mammpu membaca ECU secara detail.

“ECU fungsinya untuk mengatur kinerja mobil keseluruhan, bisa dibilang otak dari mobil. ECU juga bisa mendeteksi penyakit pada mobil sehingga bisa di scan menggunakan Engine Scanner tools. Kemudian di-reset ECU dan mampu mengatasi malfunction pada mesin mobil,” ungkap Agung mekanik bengkel di Bintaro Trade Center.

Namun, ECU juga bisa mengalami kerusakan dan hal tersebut juga menimbulkan gejala-gejala pada mesin mobil. “Karena ECU pusatnya mobil, biasanya gejala kerusakan ECU yaitu mobil susah dihidupkan, konsumsi bahan bakar lebih boros, tenaga berkurang, lampu indikator check engine menyala atau mati total dan tidak bisa di scan menggunakan alat scanner,” tambahnya. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here