Jumlah Kecelakaan Transportasi di Indonesia Diharapkan Turun Hingga 50%

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pemerintah mengharapkan jumlah angka kecelakaan bisa menurun hingga 50% di tahun 2019. Berbagai upaya kini telah dilakukan pemerintah, salah satunya dengan cara menaikkan anggaran keselamatan transportasi hingga Rp12 triliun untuk tahun 2016 di Kementrian Perhubungan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dalam sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu. Jonan manargetkan, angka lalu lintas bisa turun hingga 50% dari angka kecelakaan di tahun 2014.

“Kita ingin penurunan hingga 85% pada tahun 2035, tapi pasti saat itu Menterinya sudah bukan saya. Sebagai tahap awal, kita ingin turun hingga 50% pada 2019,” terang Jonan.

Anggaran sebesar itu dikatakan Jonan, merupakan 25% dari keseluruhan anggaran proyek Kementerian Perhubungan. Nantinya, anggaran tersebut akan dibagi ke berbagai moda transportasi di laut, darat, udara, dan Kereta Api.

Untuk urusan transportasi darat, anggaran tersebut dianggarkan untuk pemasangan  ATCS (Automatic Traffic Control System), dan juga perbaikan untuk marka jalan.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas PU terkait hal ini. Soal di jalan raya, kami menganggarkan Rp4 triliun untuk ketertiban lalu lintas, karena ketertiban itu merupakan bagian dari pelayanan,” pungkas Jonan.

Sebagai informasi berdasarkan data Korlantas Kepolisian Republik Indonesia tahun 2014 jumlah kecelakaan darat di seluruh wilayah Indonesia mencapai 91.688 kejadian dengan rician jumlah meninggal sebanyak 28.897 jiwa dan luka-luka sebanyak 136.581 orang.[yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here