Bagaimana Jika Electronic Stability Control Ngadat?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Namanya juga perangkat elektronik, electronic stability control (ESC) juga bisa tak berfungsi akibat kesalahan teknis atau lainnya.

Bagaimana bila peranti penunjang keselamatan berkendara tersebut bermasalah? Bila kondisi tersebut Anda alami, tak perlu panik, tetaplah mengemudi dengan hati-hati dan segeralah bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk memeriksa masalah yang terjadi, demikian saran mekanik dari Bengkel Raja Service di bilangan Radio Dalam, Jakarta.

Meski ESC bermasalah, namun peranti pendukung lainnya yang merupakan pendukung ESC, seperti rem ABS dan sistem kontrol traksi (TCS), biasanya masih bisa membantu pengemudi agar laju kendaraan tetap terkendali.

Untuk diketahui, ECS mampu mengaktifkan kaliper rem dan memodulasi tenaga mesin. Namun bila sistem ini bermasalah, biasanya tugas-tugas di atas juga gagal dilaksanakan oleh sistem tersebut.

Bila Anda mendapati lampu peringatan ESC, DSP, atau ESP menyala di dashboard, segeralah bawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel yang ahli.

Namun demikian, seperti disebutkan sebelumnya, Anda masih bisa mengendarai mobil Anda meski ESC bermasalah. Hanya saja, Anda perlu mengemudi hati-hati terutama saat melintasi jalan licin dan tikungan tajam. Jika Anda mengalami gejala oversteer atau understeer, cobalah untuk mengoreksinya sendiri tanpa bantuan sistem. [mor]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here