Otomotif RI Ingin Kejar Thailand? Begini Caranya

Otomotif RI Ingin Kejar Thailand? Begini Caranya

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Jika Indonesia ingin menyaingi Thailand di sektor industri otomotif, cara terbaik adalah dengan meningkatkan industri komponen otomotif.

Untuk diketahui, industri otomotif merupakan salah satu sektor industri strategis yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan industri otomotif rata-rata mencapai 6,5%. Torehan ini setara pertumbuhan industri manufaktur yang tercatat rata-rata 7,0%,” kata Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Noergadjito, di Jakarta, Selasa (5/1).

Selain itu, ujar Noergadjito, pertumbuhan industri otomotif juga hampir setara dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, yakni sekitar 5,8%.

Untuk dapat tumbuh, menurut Noegardjito, industri otomotif tidak bisa berdiri sendiri dan perlu didukung oleh industri komponen yang mumpuni agar bisa bersaing di kancah global.

“Menjadi raja otomotif di Asia Tenggara, Indonesia tak cukup hanya menjadi pasar terbesar namun juga negara produksi. Apalagi, industri otomotif Indonesia masih kalah jauh dari Thailand,” papar dia.

Saat ini, lanjut Noegardjito, jumlah industri komponen masih sangat kurang memadai.

“Padahal, industri otomotif yang kuat harus didukung oleh industri komponen. Apabila industri komponen Indonesia memadai maka ketergantungan terhadap impor komponen bisa dipangkas,” ujarnya.

Saat ini, jumlah industri komponen lokal sebanyak 1.550 perusahaan. Sebanyak 550 perusahaan di antaranya masuk ke dalam kategori tier 1.

Sementara, sekitar 1.000 perusahaan berada di tier 2 serta tier 3. Untuk mendorong industri komponen, pemerintah harus memperbanyak investasi lokal dan melakukan transfer teknologi karena sebagian besar industri komponen merupakan skala industri kecil dan menengah (IKM) yang tersebar di sejumlah daerah. [mor]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here