Ini Komponen Lokal Terbaru di All New Fortuner

RAJAMOBIL.COM, Karawang – Komponen lokal yang digunakan pada All New Fortuner kini mencapai 75 persen. Penggunaan komponen buatan Indonesia ini meningkat dibanding generasi sebelumnya yang hanya 60 persen.

Tak hanya komponen lokal, perusahaan pemasok komponen juga turut bertambah. Jika sebelumnya hanya 107, kini mencapai 123 perusahaan.

Ratusan perusahaan komponen yang bermarkas di Indonesia ini tidak hanya memasok untuk All New Fortuner, namun juga untuk All New Kijang Innova.

Berbagai komponen penting di usahakan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk terus di tingkatan. Komponen tersebut seperti kantung udara, engine mounting, shock absorber, kunci silinder, rem tangan, stabilizer, ball joint, link steering system dan juga power window kini diproduksi di dalam negeri.

Menurut Direktur Teknik PT TMMIN, Yui Hastoro, komponen yang ditingkatkan merupakan bagian yang paling penting.

“Beberapa komponen yang kini diproduksi lokal untuk Fortuner terbaru adalah komponen yang cukup penting,” terang Yui di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/1).

Lebih lanjut Hastoro menjelaskan, meski perusahaan komponen meningkat, namun masih terdapat beberapa bagian yang didatangkan dari luar negeri. Beberapa komponen sebelumnya diimpor dari Thailand dan Jepang. Tapi untuk generasi baru Fortuner, kami bisa menambah komponen lokal dengan menambah pemasok lokal lapis pertama (tier 1),” ujar Yui. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here