Menperin Minta Jepang Bangun Industri Komponen di RI

Menperin Minta Jepang Bangun Industri Komponen di RI

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Industri komponen otomotif di Tanah Air dinilai dapat tumbuh pesat dengan dukungan penuh dari para prinsipal otomotif yang berkiprah di Indonesia.

Untuk itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin meminta Jepang membangun industri komponen otomotif di Indonesia untuk memperkuat struktur industri, menciptakan lapangan kerja dan akses teknologi.(baca; Kemenperin Siapkan Paket Kebijakan Sektor Otomotif).

“Secara khusus, saya minta Jepang tidak tanggung-tanggung dalam berbisnis otomotif di Indonesia. Selain meneruskan aktivitas industri dan investasi, harus membangun industri komponen,” katanya kepada pers di Jakarta, Selasa (2/2).

Pemerintah Indonesia, menurut Saleh, mendukung langkah Jepang selama ini yang terus menjalin kerja sama dan menanamkan modal di Indonesia. Populasi kelas menengah di Indonesia mencapai 80 juta hingga 90 juta dari total penduduk 250 juta jiwa.(baca; Begini Upaya Pemerintah Majukan Industri Otomotif).

“Angka ini lebih besar dari total penduduk Thailand yang sekitar 60 juta jiwa. Tapi pabrik mobil Jepang lebih banyak di Thailand dan saya minta agar Jepang meningkatkan investasi dengan langkah konkret membangun pabrik-pabrik komponen di Indonesia karena pasar otomotif lebih besar di Indonesia dibandingkan Thailand,” papar dia.

Lebih lanjut, Saleh mengungkapkan, industri komponen domestik masih kurang sehingga dukungan pihak prinsipal terhadap industri komponen harus ditingkatkan.

“Kami mengapresiasi Krakatau Nippon Steel, hasil patungan Krakatau Steel dengan perusahaan asal Jepang yang mengembangkan industri baja untuk kebutuhan otomotif,” ujar Saleh.

Sedangkan Executive Management Astra International, FX Sri Martono, mengatakan pihaknya akan mempertemukan 15 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) komponen Indonesia dengan pelaku industri otomotif asal Fukuoka Jepang.

“Interaksi intens ini, nantinya bermuara hingga pembentukan joint venture antara industri Jepang dengan IKM komponen asal Indonesia,” tuturnya.

Fukuoka merupakan provinsi di Jepang bagian selatan yang menjadi salah satu konsentrasi industri kendaraan bermotor terkemuka di Negeri Sakura itu. Terdapat pabrikan kelas dunia yaitu Toyota, Daihatsu dan Nissan beserta sekitar 500 perusahaan industri terkait.(yogi).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here