Di Jepang, Toyota Kuasai Saham Daihatsu, Bagaimana di Indonesia?

Di Jepang, Toyota Kuasai Saham Daihatsu, Bagaimana di Indonesia?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Di Jepang, Toyota tengah dalam proses melakukan akuisisi saham Daihatsu. Lantas, mungkinkah hal itu bakal berdampak terhadap produksi serta pemasaran Daihatsu di Indonesia?

Menurut Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, hingga saat ini dampak akuisisi penuh saham Daihatsu di Jepang masih belum berpengaruh di Indonesia.

“Pada dasarnya Toyota sudah memiliki Daihatsu sejak lama. Pasalnya, kepemilikan saham Toyota di Daihatsu itu sebelumnya sudah mencapai 51 persen sedangkan untuk saham 49 persennya lagi dimiliki oleh publik. Sehingga strateginya sudah berjalan lama,” terang Amelia di Sunter, Jakarta, Kamis (18/2).

Amelia menambahkan, tidak ada yang berubah dengan proses pengambilan alih tersebut. Sebab menurutnya Daihatsu tetap akan memproduksi mobil kompak seperti yang mereka lakukan di negeri asalnya sejak dulu.

“Seperti komitmen Toyota dan Daihatsu, mobil kompak akan menjadi tanggung jawab Daihatsu. Teknologi yang dikembangkan Toyota pun akan digunakan Daihatsu. Bahkan operasional nantinya secara global akan menjadi satu kesatuan dan tidak ada yang berubah,” terang Amel.

Lebih lanjut Amelia menjelaskan bahwa, Daihatsu bukan satu-satunya produk yang dimiliki oleh Toyota sehingga pembagian tugas di antara kedua merek pun sudah jelas.

“Bukan hanya Daihatsu yang dimiliki Toyota. Toyota juga memiliki Hino dan Lexus, masing-masing punya tugas. Khusus untuk mobil kompak itu ditugaskan kepada Daihatsu, dibuat (produksi) dan dijual dengan brand Daihatsu,” pungkasnya.[yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here