Toyota Recall Jutaan RAV4, Seatbelt Bermasalah

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Prahara recall sepertinya enggan menjauhi Toyota Motor Corporation. Kini raksasa otomotif Jepang ini tengah bersiap menarik lebih dari dua juta kendaraan di seluruh dunia.

Toyota mengumumkan recall yang menyasar 2,87 juta unit kendaraan secara global karena masalah pada seatbelt, yang dapat mengalami kerusakan akibat terkena kerangka tempat duduk yang terbuat dari logam saat terjadi kecelakaan.

Dari total kendaraan yang terkena recall itu, tercatat 1,3 juta unit berada di Amerika Utara, 625.000 di Eropa, 434.000 di China, 177.000 di Jepang, dan 307.000 di kawasan lain, demikian seperti dilansir Automotive News.

Model kendaraan yang terkena recall adalah Toyota RAV4 yang diproduksi antara Juli 2005 hingga Agustus 2014, dan dipasarkan di seluruh dunia. Sementara model lainnya adalah SUV Vanguard, yang diproduksi antara Oktober 2005 hingga Januari 2016. Untuk Vanguard hanya dipasarkan di Jepang.

Toyota terpaksa melakukan recall untuk membenahi masalah ini setelah dilaporkan ada dua kecelakaan kendaraan Toyota yang menyebabkan seatbelt belakang terlepas. Namun belum ada laporan mengenai jatuhnya korban akibat kasus tersebut.

Toyota menengarai seatbelt di bangku baris kedua pada kendaraan yang terkena recall berpotensi rusak setelah bersentuhan dengan kerangka logam di tempat duduk, sehingga berpotensi menyebabkan cedera pada penumpang.

Produsen mobil terbesar dunia ini berencana memasang bantalan resin untuk menutupi kerangka kursi pada seluruh kendaraan yang di-recall. Dengan begitu dapat mencegah bagian logam melukai seatbelt pada saat terjadi kecelakaan.

Sebelumnya, Toyota bersama sejumlah pabrikan mobil lain juga melakukan recall terkait dengan masalah pada airbag buatan Takata.[yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here