China Masih Menjadi Pasar Mobil Terbesar di Dunia

RAJAMOBIL.COM, Beijing – Pasar otomotif di China kembali bergairah. Penjualan mobil di negeri Tirai Bambu tersebut dilaporkan meningkat hingga 7,7% pada Januari 2016.

Total penjualan mobil di China mencapai 2,5 juta unit dan angka itu menjadikan China sebagai pasar mobil terbesar di dunia. Menurut asosiasi produsen mobil China, penjualan kendaraan penumpang meningkat 9,3% dengan total penjualan 2,23 juta unit, demikian seperti dilansir Inautonews.

Sementara itu, untuk penjualan kendaraan komersial justru mengalami penurunan hingga 3,4% menjadi 303,600 unit. Adapun kabarnya peningkatan penjualan di China tersebut terjadi karena kebijakan yang baru di tetapkan di sana.

Pemerintah China menurunkan pajak untuk kendaraan bermesin kecil. Pada Oktober 2015 lalu, pemerintah China menurunkan pajak pembelian mobil baru dari 10 menjadi 5% untuk kendaraan yang menggunakan mesin hingga 1,6 liter.

Hal ini diyakini telah membuat pasar mobil di China kembali bergairah setelah pada akhir tahun mengalami sempat mengalami penurunan. Sebagai informasi, total penjualan mobil bermesin hingga 1,6 liter di China hingga akhir tahun 2015 mencapai 14.508.600 unit. Jumlah ini meningkat 10,38% dari tahun sebelumnya.[yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here