Industri Komponen Otomotif Butuh Tax Amnesty

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sektor komponen otomotif harus menjadi salah satu pilar untuk mendukung pengembangan industri otomotif Indonesia.

Menurut ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yongkie D. Sugiarto, menilai investasi otomotif di Indonesia akan berkembang lebih ke arah penguatan sektor komponen.

“Jika dilihat secara utilisasi pabrik saat ini secara total kapasitas terpasang dua juta unit, maka utilisasi mencapai hanya sekitar 1,2 juta unit,” katanya di Jakarta.

Para pelaku industri yang menggarap pasar Indonesia, menurut Yongkie, harus memiliki fasilitas produksi.

“Produsen harus mendekatkan diri dengan konsumen, sedangkan Indonesia tidak dijadikan sekadar pasar melainkan juga basis produksi. Jepang memang masih dominan untuk hal itu,” papar dia.

Yongkie mengatakan, untuk memacu investasi ke sektor pabrikan mobil, pelaku usaha membutuhkan uluran tangan dari pemerintah.

“Salah satunya, yaitu menerbitkan kebijakan yang melonggarkan untuk produksi sedan di domestik. Kelak semua pabrikan yang menyasar pasar kendaraan penumpang tidak segan menanamkan investasi karena model tersebut juga menjadi jadi primadona di pasar domestik,” ujarnya.

Sementara untuk menjaga kinerja investasi di sektor komponen, Yongkie meminta pemerintah melakukan penguatan industri komponen melalui skema tax holiday.

“Hal itu akan menyedot lebih banyak investasi di sektor komponen yang saat ini memang masih kurang,” tutur Yongkie.[yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here